Kamis, 28 Januari 2010

Mengapa Harus Jabon ?

Tolong jangan tanyakan pertanyaan di atas pada saya. Karena anda akan kecewa, kalau saya jawab : suka-suka saya dong.

Kalaupun tulisan di blog-blog para pakar menyebutkan keuntungan-keuntungan 'yang bisa' diperoleh dari menanam Jabon, seperti :
- Masa tanam pendek, hanya 5 - 6 tahun bisa dipanen dengan diameter 40 cm up
- Tahan hama, karenanya sebagai alternatif tanaman kayu industri pengganti sengon laut yang ternyata gampang terkena 'karat purut' yang mematikan
- Bisa ditanam di berbagai lahan - dari lahan basah (lahan pasang surut dan lahan gambut pun katanya bisa), tanah yang 'kurus', miskin unsur hara dll dsb
- Minim perawatan. Sekali tanam, tidak banyak yang harus dilakukan, sampai pada tahun kelima anda harus mulai sourcing pembeli.
- Rentang ketinggian lahan dari permukaan laut antara 0 - 700 m dpl.
- Cepat tumbuh, dalam satu tahun tinggi bisa mencapai 6 m dan diameter batang bertambah 10 cm per tahun.


Benarkah begitu? Wah, saya tidak tahu, karena saya belum melihat dengan mata kepala saya sendiri. Apalagi yang menyebutkan masa tanam pendek, lebih pendek dari Usia tanam pohon jati. Harus menunggu enam tahun lagi untuk membuktikannya.